IMA atau serangan jantung

Makalah IMA


BAB I
PENDAHULUAN
Pada bab ini penyusun menjelaskan tentang latar belakang rumusan masalah, dan tujuan penulisan, yang secara khusus mengulas Infark Myocard Acute secara singkat dan jelas yang kami kemas dalam makalah ini.

1.1 Latar Belakang
Latar belakang penyusunan makalah, secara langsung untuk malatih ketrampilan dalam menyusun sebuah makalah. Sedangkan latar belakang penyusunan makalah tentangInfark Myocard Acute, karena Infark Myocard Acute  asing ditelinga masyarakat. Oleh karena itu, saya selaku penulis ingin memberi informasi tentang bahayanyainfark myocard acute, tanda-tanda dan gejala-gejalainfark myocard acute.

1.2 Rumusan Masalah
A. Apakah pengertian infark myocard acute ?
B. Apa Penyebab infark myocad acute ?
C. Bagaimana Gejala dan Dampak infark myocar acute ?

1.3 Tujuan Penulisan
A. Untuk memenuhi Tugas Guru Mata Pelajaran.
B. Untuk memberi informasi tentang Pengertian infark myocard acute.
C. Untuk memberi informasi Penyebab infark myocard acute
D. Untuk memberi informasi tentang Gejala dan dampak Anemia .

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Definisi Infark Miokard Akut
Infark Miokard Akut adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh karena sumbatan arteri koroner (Hudak & Gallo; 1997). Sumbatan akut terjadi oleh karena adanya ateroksklerotik pada dinding arteri koroner, sehingga menyumbat aliran darah ke jaringan oto jantung.
Serangan infark miokard biasanya akut, dengan rasa sakit seperti angina,tetapi tidak seperti angina yang biasa, maka disini terdapat rasa penekanan yang luar biasa pada dada atau perasaan akan datangnya kematian. Bila pasien sebelumnya pernah mendapat serangan angina ,maka ia tabu bahwa sesuatu yang berbeda dari serangan angina sebelumnya sedang berlangsung. Juga, kebalikan dengan angina yang biasa, infark miokard akut terjadi sewaktu pasien dalam keadaan istirahat ,sering pada jam-jam awal dipagi hari.
2.2 Etiologi Infark Miokard Akut
Infark miokard akut disebabkan oleh karena atherosclerosis atau penyumbatan total atau sebagian oleh emboli dan atau thrombus
Faktor resiko yang menjadi pencetus terjadinya Infark Miokard akut adalah :
1. Faktor resiko yang dapat diubah
a) Mayor merokok, hipertensi, obesitas, hiperlipidemia, hiperkolesterolimia dan pola makan (diit tinggi lemak dan tingi kalori).
b) Minor stress, kepribadian tipe A (emosional, agresif, dan ambivalen) daninaktifitas fisik.
2. Faktor resiko yang tidak dapat diubah
a) Hereditas/keturunan
b) Usia lebih dari 40 tahun
c) Ras, insiden lebih tinggi orang berkulit hitam. Sex, pria lebih sering daripada wanita.
2.3 Patofisiologi Infark Miokard Akut
Proses terjadinya infark
Thrombus menyumbat aliran darah arteri koroner, sehingga suplai nutrisi dan O2 ke bagian distal terhambat., sel oto jantung bagian distal mengalami hipoksia iskhemik infark, kemudian serat oto menggunakan sisa akhir oksigen dalam darah, hemoglobin menjadi teroduksi secara total dan menjadi berwarna birui gelap, dinding arteri menjadi permeable, terjadilah edmatosa sel, sehingga sel mati.
Mekanisme nyeri pada AMI
Hipoksia yang terjadi pada jaringan oto jantung memaksa sel untuk melakukan metabolisme CO2 (metabolisme anaerob), sehingga menghasilkan asam laktat dan juga merangsang pengeluaran zat-zatiritatif lainnya seperti histamine, kinin, atau enzim proteolitik sleuler merangsang ujung-ujung syaraf reseptor nyeri di otot jantung, impuls nyeri dihantarkan melalui serat sraf aferen simpatis, kemudian dihantarkan ke thalamus, korteks serebri, serat saraf aferen, dan dipersepsikan nyeri.
Perangsangan syaraf simpatis yang berlebihan akan menyebabkan :
1. Meningkatkan kerja jantung dengan menstamulasi SA Node sehingga menghasilkan frekuensi denyut jantunglebih dari normal (takikardi).
2. Merangsang kelenjar keringat sehingga ekresi keringat berlebihan.
3. Menekan kerja parasimpatis, sehingga gerakan peristaltik menurun, akumulai cairan di saluran pencernaan, rasa penuh di lambung, sehingga merangsangf rasa mual / muntah.
4. Vasokonstriksi pembuluh darah ferifer, sehinga alir balik darah vena ke atrium kanan meningkat, dan akhirnya yekanan darah meningkat.
2.4 Tanda dan Gejala Infark Miokard Akut
Tanda dan gejala yang timbul pada Infark Mioma akut adalah sebagai berikut.
  1. Nyeri hebat pada dada kiri menyebar ke bahu kiri, leher kiri dan lengan atas kiri, kebanyakan lamanya 30 menit sampai beberapa jam, sifatnya seperti ditusuk-tusuk, ditekan, tertindik.
  2. Takhikardi
  3. Keringat banyak sekali
  4. Kadang mual bahkan muntah diakibatkan karena nyeri hebat dan reflek vasosegal yang disalurkan dari area kerusakan miokard ke trakus gastro intestinal
  5. Dispnea
  6. Abnormal Pada pemeriksaan EKG (pelajari buku tentang EKG).
2.5 Pengobatan Infark Miokard Akut
  1. Vasodilatator
Vasodilatator pilihan untuk mengurangi rasa nyeri jantung adalah nitroglycerin, baik secara intra vena maupun sublingual, efek sampingnya yaitu dapat mengurangi preload, beban kerja jantung dan after load.
  1. Antikoagulan
Heparin adalah anti koagulan pilihan utama, heparin bekerja memperpanjang waktu pembekuan darah, sehingga mencegah thrombus
  1. Trombolitik
Untuk melarutkan thrombus yang telah terbentuk di arteri koroner, memperkecil penyumbatan dan meluasnya infark, teombolitik yang biasa digunakan adalah streptokinase, aktifasi plasminogen jaringan (5-14) dan amistropletase
  1. Analgetik
Pemberian dibatasi hanya untukk pasien yang tidak efektif dengan pemberian nitrat dan antiloagulan, analgetik pilihan adalah morvin sulfat secara IV
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
·       Kebiasaan hidup yang tidak sehat, kepribadian tipe A, kurang olah raga, dan factor keturunan serta usia di atas 40 tahun  dapat menjadi factor pencetus terjadinya Infark Miokard akut
·       Infark Miokard akut disebabkan oleh penyumbatan thrombus di aliran darah arteri koroner
·       Gejala yang di timbulkan oleh Infark Miokard akut adalah takikardi, ekresi keringat berlebihan, dispnea , abnormal Pada pemeriksaan EKG (Elektrokardiogram), rasa mual / muntah, dan tekanan darah meningkat.
·       Pengobatan Infark Miokard akut dapat dilakukan dengan cara Vasodilatator, Antikoagulan, Trombolitik, dan Analgetik

Penulis : gondrong ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel IMA atau serangan jantung ini dipublish oleh gondrong pada hari Senin, 24 Desember 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan IMA atau serangan jantung
 

0 komentar:

Posting Komentar